Silabus SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013

langkah yang dilakukan dalam mengembangkan silabus tematik Silabus SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Langkah-langkah dalam mengembangkan silabus tematik SD/MI.
Kurikulum 2013 memiliki tujuan khusus untuk mempersiapkan generasi baru dan penerus bangsa yang memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Untuk itu, perancangan Kurikulum 2013 perlu memperhatikan kebutuhan peserta didik saat ini dan di masa depan yang dimasi ditengah pengaruh globalisasi dan kemajemukan masyarakat Indonesia.

Memperhatikan konteks global dan kemajemukan masyarakat Indonesia itu, misi dan orientasi kurikulum 2013 diterjemahkan dalam praktik pendidikan dengan tujuan khusus agar peserta didik memiliki kompetensi yang diperlukan bagi kehidupan masyarakat di masa kini dan di masa mendatang. Kompetensi yang dimaksud meliputi tiga kompetensi, yaitu: (1) menguasai pengetahuan; (2) memiliki keterampilan atau kemampuan menerapkan pengetahuan; (3) menumbuhkan sikap spiritual dan etika sosial yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Silabus tematik yang dikembangkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merupakan suatu model, satuan pendidikan dapat mengembangkan silabus tematik dengan mengambil tema yang disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan. Satuan pendidikan juga dapat langsung menggunakan model silabus ini atau dapat juga dengan mengadaptasi sesuai karakteristik satuan pendidikan. Silabus tematik terpadu untuk jenjang SD/MI Kurikulum 2013 dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Silabus tematik di SD/MI dikembangkan menggunakan model jaring laba-laba (webbed). Pembelajaran terpadu model jaring laba-laba (webbed) dikembangkan dengan memadukan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam suatu tema. Pengembangan silabus dilakukan merujuk silabus mata pelajaran, untuk materi pembelajaran menyesuaikan dengan kompetensi dasar setiap mata pelajaran. Sedangkan kegiatan pembelajaran merupakan gabungan kegiatan pembelajaran untuk satu tema/subtema untuk seluruh kompetensi dasar dari muatan mata pelajaran yang diikat dalam tema/subtema tersebut.

Langkah-langkah yang dilakukan dalam mengembangkan silabus tematik

1.Mengidentifikasi materi pelajaran dari setiap kompetensi dasar yang ingin dicapai dari semua mata pelajaran yang akan diintegrasikan.

2.Mengidentifikasi tema-tema yang menarik bagi peserta didik, lalu memilih beberapa tema yang akan dijadikan sebagai tema pembelajaran.

3.Memetakan materi pelajaran untuk setiap tema/subtema yang sesuai. Pemetaan materi perlu juga memperhatikan keruntutan dari materi untuk setiap mata pelajaran dan tingkat kesulitan dari materi tersebut agar mendapatkan alokasi waktu yang cukup.

4.Merancang kegiatan pembelajaran berdasarkan pemetaan materi pelajaran yang telah dilakukan.

5.Mendesain penilaian yang akan dilakukan untuk proses pembelajaran yang telah dirancang berdasarkan tema atau sub tema yang telah diajarkan.

6.Melaporkan hasil penilaian sesuai dengan kompetensi mata pelajaran yang telah dicapai. Hasil penilaian ini akan dijadikan dasar bagi pendidik untuk melakukan evaluasi pembelajaran. Hasil evaluasi ini digunakan untuk mengidentifikasi tema dan materi pembelajaran kembali.

Dalam buku Silabus SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 yang disusun Kemendikbud berisi; Karakteristik Mata Pelajaran di SD, Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu, Pengembangan Silabus Tematik, Pembelajaran dan Penilaian, Kontektualisasi Pembelajaran, Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, dan Kegiatan Pembelajaran

Kelas I
Tema 1 : Diriku10
Tema 2 : Kegemaranku16
Tema 3 : Kegiatanku20
Tema 4 : Keluargaku25
Tema 5 : Pengalamanku30
Tema 6 : Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri.37
Tema 7 : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku43
Tema 8 : Peristiwa Alam51

Kelas II
Tema 1 : Hidup Rukun57
Tema 2 : Bermain di Lingkunganku62
Tema 3 : Tugasku Sehari-hari67
Tema 4 : Hidup Bersih dan Sehat71
Tema 5 : Aku dan Sekolahku75
Tema 6 : Air, Bumi, dan Matahari80
Tema 7 : Merawat Hewan dan Tumbuhan83
Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan86

Kelas III
Tema 1 : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup91
Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan di Sekitar96
Tema 3 : Benda di Sekitarku103
Tema 4 : Hak dan Kewajibanku110
Tema 5 : Perubahan Cuaca116
Tema 6 : Energi dan Perubahannya121
Tema 7 : Perkembangan Teknologi126
Tema 8 : Praja Muda Karana132

Kelas IV
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan137
Tema 2 : Selalu Berhemat Energi140
Tema 3 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup145
Tema 4 : Berbagai pekerjaan150
Tema 5 : Pahlawanku157
Tema 6 : Indahnya Negeriku165
Tema 7 : Cita - citaku170
Tema 8 : Tempat Tinggalku174
Tema 9 : Makananku Sehat dan Bergizi179

Kelas V
Tema 1 : Organ Gerak Hewan dan Manusia184
Tema 2 : Udara Bersih187
Tema 3 : Makanan Sehat192
Tema 4 : Organ Peredaran Darah Hewan dan Manusia199
Tema 5 : Ekosistem202
Tema 6 : Kalor dan Perpindahannya204
Tema 7 : Benda-benda di Sekitar207
Tema 8 : Peristiwa dalam Kehidupan211
Tema 9: Lingkungan Sahabat Kita213

Kelas VI
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup217
Tema 2 : Persatuan dalam Perbedaan221
Tema 3 : Tokoh dan Penemuan227
Tema 4 : Globalisasi232
Tema 5 : Wirausaha238
Tema 6 : Menuju Masyarakat Sehat243
Tema 7 : Kepemimpinan252
Tema 8 : Bumiku257
Tema 9 : Menjelajah Angkasa Luar260
Sumber http://www.sekolahdasar.net/

0 Response to "Silabus SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel